Barkah, . (2015) MEASURING SATISFACTION AND FOREIGN TOURISTS NUSANTARA TOURISM MARKETING MIX OF EARTH KHATULISTIWA PONTIANAK. In: SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER APMMI 2015. Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, pp. 67-73.
Full text not available from this repository.Abstract
The development of creative economy and ethnic-based cultural tourism can not be separated from art and crafts typical of the area which can be enhanced marketing to tourists who come to the city of Pontianak on Kalimantan in particular and the West in general. Demand for art and crafts will stimulate the economy of society, improving their well-being and income, and will create enough of a major multiplier effect of this study was to determine the effect of the marketing mix to the satisfaction of tourists travel. Population in this research is all the tourists who come to the town of Pontianak and at least 17 years old. Sampling was done by purposive sampling based on criteria set by peneiti, with a sample size of 275 respondents. Data was collected by distributing questionnaires. The influence of the components of the marketing mix to the satisfaction of tourists showed great influence different. For tourists tourism products on offer, the price of the product as well as the cost of doing excursions, Pontianak City tourism promotion and physical evidence shown Pontianak City tourism affects them.However satisfaction for foreign tourists, which affects their satisfaction and the only variable promotion, while the variable tourism products, attractions, price, process and physical evidence not significant. Pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis wisata budaya dan etnis tak dapat dipisahkan dari barang seni dan kerajinan khas daerah yang dapat ditingkatkan pemasarannya kepada wisatawan yang datang ke Kota Pontianak pada khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya. Permintaan akan barang seni dan kerajinan tersebut akan mendorong roda perekonomian masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan mereka, serta akan menciptakan multiplier effect yang cukup besar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran wisata terhadap kepuasan wisatawan. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang datang ke kota Pontianak dan berumur minimal 17 tahun. Pengambilan sampel dilakuan secara purposive sampling yang didasarkan pada kriteria yang ditentukan oleh peneiti, dengan jumlah sampel sebesar 275 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Pengaruh komponen bauran pemasaran terhadap kepuasan wisatawan menunjukkan besar pengaruh yang berbeda-beda. Bagi wisatawan nusantara produk wisata yang ditawarkan,harga produk maupun biaya dalam melakukan kunjungan wisata, promosi pariwisata Kota Pontianak dan Bukti fisik yang ditampilkan pariwisata Kota Pontianak mempengaruhi kepuasan mereka.Namun bagi wisatawan asing, yang mempengaruhi kepuasan mereka hanya variabel promosi dan orang, sedangkan variabel produk wisata, tempat wisata, harga, proses dan bukti fisik berpengaruh tidak signifikan
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Benhard W. Tampangela, ST |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 03:11 |
Last Modified: | 15 Jan 2016 03:11 |
URI: | http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/1021 |
Actions (login required)
View Item |