UNSRAT Repository

Pengaruh Biaya Dana (Cost Of Fund) Dan Risiko Kredit (Risk Factor) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT. Bank Niaga, Tbk.

Parengkuan, Tommy and Kindangen, P and Tewal, B and Untu, Victoria N. and Rogi, Mirah H. and Tasik, Hizkia (2009) Pengaruh Biaya Dana (Cost Of Fund) Dan Risiko Kredit (Risk Factor) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT. Bank Niaga, Tbk. Laporan Penelitian IPTEK dan SENI (Lembaga Penelitian), Universitas Sam Ratulangi, Manado-Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (1577Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Bank Niaga.Tbk adalah salah satu Bank Umum Milik Swasta yang harus dapat berperan dalam pembangunan ekonomi nasional. Bank ini berupaya unuk memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran serta dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Banyaknya kantor cabang pembantu yang tersebar di seluruh Indonesia membuktikan Bank Niaga memiliki posisi penting dalam proses pembangunan ekonomi. Berdasarkan alasan tersebut maka penulis menjadikan PT. Bank Niaga.Tbk sebagai objek Penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh biaya dana (cost of fund) dan risiko kredit (risk factor) terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. Bank Niaga. Tbk. Biaya dana merupakan total bunga yang dikeluarkan oleh bank untuk memperoleh dana simpanan, baik dalam bentuk simpanan giro, tabungan, maupun deposito. Risiko kredit adalah kemungkinan dimana pengembalian kredit akan berbeda dari yang diberikan, ini mencakup kemungkinan kehilangan sebagian atau bahkan seluruh kredit. Return on Assets (ROA), yaitu sejumlah indikator kemampuan perbankan untuk memperoleh laba atas sejumlah asset yang dimiliki oleh bank. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda digunakan untuk menghitung besarnya pengaruh Variabel X1 (biaya dana), X2 (resiko kredit) terhadap variabel Y (Return on Asssets); koefisien korelasi berganda merupakan alat ukur mengenai hubungan yang terjadi antara variabel terikat (Y) dengan variabel bebas (X1, X2 ); koefisien determinasi berganda menunjukkan seberapa besar sumbangan variabel independen (X1, X2 ) terhadap naik turunya variabel dependen (Y); dan untuk pengujian hipotesis digunakan uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R adalah 0,607, Koefisien determinasi (R2) untuk Bank Niaga adalah 0,368 yang berarti bahwa X1(biaya dana) dan X2 (risiko kredit) memiliki sumbangan sebesar 36,8 % terhadap variabel Y (ROA). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan terhadap Bank Niaga maka diperoleh hasil thitung X1 = -2,733, sedangkan ttabel = - 2,132. Karena thitung < ttabel (-2,733 < 2,132 ) maka Ha : b1 ≠ 0 diterima dan Ho : b1 = 0 ditolak, yang berarti biaya dana berpengaruh terhadap Return on Asset pada PT. Bank Niaga.Tbk, dan thitung X2 = -2,395 , sedangkan ttabel = -2,132. Karena thitung < Ttabel (-2.395 < -2.132) maka Ha: b2 ≠ 0 diterima dan Ho : b2 =0 ditolak, yang berarti risiko kredit berpengaruh terhadap Return on Asset pada PT. Bank Niaga, Tbk. Secara simultan, variabel biaya dana dan risiko kredit berpengaruh terhadap Return on Asset pada PT Bank Niaga.Tbk ini dapat dilihat dari nilai F-hitung adalah sebesar 3,788 atau lebih besar dari nilai F-tabel sebesar 2,90. Dari hasil penelitian menggambarkan hubungan antara variabel X1 (biaya dana) dan X2 (risiko kredit) dengan variabel Y (ROA) adalah kuat.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    T Technology > TX Home economics
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 24 Apr 2012 17:46
    Last Modified: 24 Apr 2012 17:46
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/168

    Actions (login required)

    View Item