UNSRAT Repository

“Pengaruh Loan to deposit Ratio (LDR) dan Suku Bunga Kredit terhadap Pendapatan Bunga pada PT.BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Manado”

Parengkuan, Tommy (2010) “Pengaruh Loan to deposit Ratio (LDR) dan Suku Bunga Kredit terhadap Pendapatan Bunga pada PT.BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Manado”. Laporan Penelitian IPTEK dan SENI (Lembaga Penelitian), Universitas Sam Ratulangi, Manado-Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (1755Kb) | Preview

    Abstract

    Bank adalah suatu lembaga yang kegiatan utamanya mengumpulkan dana masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit disamping kegiatan tambahan dalam lalu lintas pembayaran. Pendapatan bunga merupakan kontribusi terbesar terhadap perolehan laba sebagai tujuan akhir operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi pengaruh LDR dan suku bunga kredit terhadap pendapatan bunga bank pada PT. BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Manado. Loan to Deposit Ratio (LDR) adalah merupakan alat analisa keuangan yang digunakan untuk mengukur likuiditas bank dari sisi perbandingan jumlah pinjaman disalurkan terhadap jumlah dana pihak ketiga (Giro, Tabungan) atau bisa disebut juga dengan simpanan, sedangkan suku bunga kredit adalah bunga yang diberikan kepada para peminjam atau harga yang harus dibayar oleh nasabah peminjam kepada bank. Penelitian ini menggunakan data-data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Metode analisa yang digunakan adalah menggunakan analisa regresi berganda, koefisien korelasi dan determinasi, pengujian hipotesis simultan dan parsial, dengan menggunakan komputer program Minitab 12.0 Berdasarkan hasil penelitian maka didapat persamaan regresi liner berganda Y=30.7 – 0.00047 X1 – 0.0598 x2 memberi artibahwa LDR dan suku bunga kredit turun sebesar 1 satuan akan diikuti penurunan pendapatan bunga untuk variabel X1,X2 sedangkan koefisien korelasi 0.820 atau 82%. Hasil pengujian uji t parsial, menunjukan thitung untk variabel LDR (X!) -0.10 dan ini t berpengaruh terhadap pendapatan bunga (Y), sedangkan thitung untuk suku bunga kredit (X2) -0.67 dan ini berpengaruh terhadap pendapatan bunga. Secara simultan Uji F diperoleh nilai F hitung 0.27 lebih kecil dari F tabel 19.33 sehingga hipotesa yang menyatakan bahwa diduga LDR dan suku bunga kredit berpengaruh terhadap pendapatan bunga pada PT. BRI (Persero) Tbk kantor cabang manado. Kontribusi kedua variabel yang ditelitisebesar 0. 820 atau 82% . Sedangkan sisanya 0.18 atau 18% merupakan faktor lain yang tidak dimasukan dalam pelaksanaan penelitian ini. Hasil tersebut adanya kontribusi kedua variabel bebas yang diteliti dengan variabel terikat. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah PT BRI (Pesero) Tbk Kantor cabang Manado merupakan kantor cabang bank, yang mempunyai tingkat LDR dari tahun 2004-2008 selalu mencapai 100%. Sehingga bisa dikatakan bawa bank terebut menggambarkan kondisi likuiditas yang baik. Sebaiknya bank BRI dapat melihat kembali pertumbuhan atau penurunan LDR dan suku bunga kredit setiap tahunnya, terhadap pendapatan bunga dalam hal ini setiap pengaruh yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas bagi bank BRI.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    T Technology > TX Home economics
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 25 Apr 2012 11:34
    Last Modified: 25 Apr 2012 11:38
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/170

    Actions (login required)

    View Item