Kalangi, Jolanda K. J. and Lainawa, Jolyanis
(2018)
ANALISIS FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM KAMPUNG
DI SULAWESI UTARA.
In: Seminar Nasional PERSEPSI III: STRATEGI DAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN BISNIS PETERNAKAN DALAM MENDUKUNG KEDAULATAN PANGAN NASIONAL, 6-7 SEPTEMBER 2018, GRAHA GUBERNURAN BUMBER MANADO.
Abstract
Meskipun usaha peternakan ayam kampung di Sulawesi Utara dilakukan secara tradional, namun secara keseluruhan produksinya cukup tinggi melebihi produksi ayam ras pedaging. Namun jika dibandingkan dengan tingkat penjualan, justru ayam ras pedaging lebih besar dibanding ayam kampung. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menemukan strategi agar tingkat penjualan ayam kampung di Sulawesi Utara dapat lebih meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan “studi kasus”, dengan empat macam teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, focus group discussion (FGD), kuesioner, dokumentasi dan gabungan /triangulasi, dengan analisis tiga tahap formuasi. Alat analisis yang digunakan adalah “formulasi strategi” dengan pedekatan matriks IFE, matriks EFE dan matriks IE. Hasil analisis menemukan bahwa pengembangan usaha ayam kampung di Sulawesi Utara saat ini berada pada posisi “tumbuh dan membangun” (grow and built) dengan rekomendasi strategi adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk.
Kata kunci : ayam kampung, formulasi strategi, penetrasi pasar, pengembangan pasar.
Actions (login required)
|
View Item |