T, Amrullah and Aminawar, Muhammad and Rasyid, Ilham and Darwis, Muhammad and Kurniawan, Muhammad Erik
(2018)
KARAKTERISTIK KONSUMEN MAKANAN TRADISIONAL KHAS MAKASSAR PADA RESTORAN MARANNU
KELAPA GADING JAKARTA.
In: Seminar Nasional PERSEPSI III: STRATEGI DAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN BISNIS PETERNAKAN DALAM MENDUKUNG KEDAULATAN PANGAN NASIONAL, 6-7 SEPTEMBER 2018, GRAHA GUBERNURAN BUMBER MANADO.
Abstract
Usaha yang tidak mengenal masa dan tidak pernah mati adalah usaha restoran makanan dan minuman, sehingga usaha ini selalu ada disetiap tempat, usia dan tingkatan strata sosial masyarakat. Restoran makanan dan minuman yang saat ini mengalami perkembangan adalah restoran makanan yang menyajikan menu tradisional dengan ciri khas suatu daerah. Restoran Marannu Kelapa Gading, Jakarta adalah salah satu restoran yang menyajikan menu makanan dengan ciri makanan tradisional khas Makassar sehingga terdapat konsumen yang memiliki berbagai jenis karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen makanan tradisional khas Makassar pada Restoran Marannu Kelapa Gading Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan 50 orang responden dengan alat bantu kuesioner, data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen makanan tradisional khas Makassar pada Restoran Marannu Kelapa Gading Jakarta berada pada usia 30 sampai dengan 40 tahun sebesar 56%, berjenis kelamin laki-laki 56% dan perempuan 44%, konsumen pada umumnya memiliki pekerjaan sebagai pegawai sebesar 46%, status responden telah menikah sebesar 56%, pendidikan terakhir konsumen adalah sarjana/pascasarjana sebesar 44%, dan rataan pengeluaran konsumen antara 3 sampai 5 juta rupiah per bulan sebesar 40%.
Kata kunci: Karakteristik konsumen, makanan tradisional Makassar, restoran.
Actions (login required)
|
View Item |