UNSRAT Repository

HUBUNGAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI DENGAN KURANG ENERGY KRONIK PADA IBU HAMIL DI KELURAHAN KOMBOS BARAT KECAMATAN SINGKIL KOTA MANADO

Najoan, Johanis A. and Manampiring, Aaltje E. (2010) HUBUNGAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI DENGAN KURANG ENERGY KRONIK PADA IBU HAMIL DI KELURAHAN KOMBOS BARAT KECAMATAN SINGKIL KOTA MANADO. Laporan Penelitian IPTEK dan SENI (Lembaga Penelitian), Universitas Sam Ratulangi, Manado-Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (327Kb) | Preview

    Abstract

    Angka kematian ibu dan bayi serta bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang tinggi, pada hakekatnya juga ditentukan oleh status gizi ibu hamil. Ibu hamil dengan status gizi buruk atau mengalami (Kurang Energi Kronik) KEK cenderung melahirkan bayi BBLR dan dihadapkan pada risiko kematian yang lebih besar dibanding dengan bayi yang dilahirkan oleh ibu dengan berat badan yang normal. Ibu hamil yang menderita KEK dan Anemia mempunyai resiko kesakitan yang lebih besar terutama pada trimester III kehamilan dibandingkan dengan ibu hamil normal. Akibatnya mereka mempunyai resiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), kematian saat persalinan, pendarahan, pasca persalinan yang sulit karena lemah dan mudah mengalami gangguan kesehatan. Tujuan Umum Untuk mengetahui Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi dengan Risiko Kurang Energi Kronik Ibu Hamil di Kelurahan Kombos Barat Kecamatan Singkil Kota Manado. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Hasil penelitian, di dapat bahwa pendapatan keluarga ≤ Rp 845.000 dengan risiko KEK pada ibu hamil yaitu 9%, tidak risiko KEK yaitu 28%. Pendapatan keluarga > Rp 845.000 dengan risiko KEK pada ibu hamil yaitu 11%, tidak risiko KEK yaitu 52%. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan statistik uji Chi-Square (x²) pada tingkat kemaknaan 95% (α=0,05), ternyata pendapatan keluarga tidak mempunyai hubungan dengan risiko KEK pada ibu hamil dimana nilai x² 0,331 dengan nilai p>0,05 (p=0,565).

    Item Type: Other
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Fakultas Kedokteran Umum
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 08 Jul 2012 15:41
    Last Modified: 08 Jul 2012 15:41
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/253

    Actions (login required)

    View Item