Nuna, Sripian and Sengkey, Rizal and Paturusi, Sary D. E.
Aplikasi Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan
Pada Siswa SMA menggunakan Augmented
Reality.
Teknik Informatika, ? (?).
pp. 1-8.
ISSN 2301-8402
Abstract
Pada zaman sekarang teknologi komputer sudah
sangat berkembang pesat diberbagai bidang, baik ilmu
pengeahuan, pekerjaan, seni, kesehatan, pendidikan, dan Ilmu
Pengetahuan Alam. Dirancanglah sebuah aplikasi pembelajaran
reproduksi tumbuhan menggunakan augmented reality dengan
tampilan aplikasi menggunakan animasi 3 dimensi (3D) agar
terlihat menarik dan membuat anak-anak khusunya pada siswa
SMA di mata pelajaran biologi lebih memahami tentang
bagaimana tumbuhan bereproduksi secara generatif dan
vegetatif. Metode pengembangan yang di gunakan adalah
Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ) yang mempunyai
enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly,
testing, dan distribution. Aplikasi yang di buat ada dua pilihan
yaitu seksual dan aseksual pada pilihan seksual terdapat lima
tumbuhan yaitu tumbuhan bunga matahari, jagung, jeruk,
kelapa, dan padi. Pada pilihan aseksual terdapat lima tumbuhan
yaitu bawang, jamur, kentang, rumput, wortel yang akan di
tampilkan dalam bentul 3 dimensi beserta penjelasan
menggunakan suara dan gambar tahap reproduksi tiap
tumbuhan. Dengan di buatnya aplikasi ini di harapkan efektif
dan menarik minat para siswa untuk belajar tentang reproduksi
tumbuhan.
Kata kunci — augmented reality, Aplikasi Pembelajaran,
Animasi 3D, Multimedia development Life Cycle, Reproduksi
Tumbuhan.
Abstract - In this day and age computer technology has
developed very rapidly in various fields, both knowledge, work, arts,
health, education, and Natural Sciences. An application designed
to learn plant reproduction using augmented reality with an
application display using 3-dimensional animation (3D) to make it
look interesting and make children especially high school students
in biology subjects better understand about how plants reproduce
generatively and vegetatively. The development method used is the
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which has six stages,
namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and
distribution. There are two choices for the application: sexual and
asexual in sexual choices, there are five plants, sunflower, corn,
orange, coconut and rice. In asexual selection there are five plants,
namely onions, mushrooms, potatoes, grass, carrots which will be
displayed in a 3-dimensional veil along with an explanation using
sound and image
reproduction stages of each plant. This application is expected to be
effective and interesting for students to learn about plant
reproduction.
Keywords - augmented reality, Learning Applications, 3D
Animation, Multimedia development Life Cycle, Plant
Reproduction.
Actions (login required)
|
View Item |