UNSRAT Repository

Aplikasi Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan Pada Siswa SMA menggunakan Augmented Reality

Nuna, Sripian and Sengkey, Rizal and Paturusi, Sary D. E. Aplikasi Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan Pada Siswa SMA menggunakan Augmented Reality. Teknik Informatika, ? (?). pp. 1-8. ISSN 2301-8402

[img]
Preview
PDF (Artikel)
Download (545Kb) | Preview

    Abstract

    Pada zaman sekarang teknologi komputer sudah sangat berkembang pesat diberbagai bidang, baik ilmu pengeahuan, pekerjaan, seni, kesehatan, pendidikan, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dirancanglah sebuah aplikasi pembelajaran reproduksi tumbuhan menggunakan augmented reality dengan tampilan aplikasi menggunakan animasi 3 dimensi (3D) agar terlihat menarik dan membuat anak-anak khusunya pada siswa SMA di mata pelajaran biologi lebih memahami tentang bagaimana tumbuhan bereproduksi secara generatif dan vegetatif. Metode pengembangan yang di gunakan adalah Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ) yang mempunyai enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi yang di buat ada dua pilihan yaitu seksual dan aseksual pada pilihan seksual terdapat lima tumbuhan yaitu tumbuhan bunga matahari, jagung, jeruk, kelapa, dan padi. Pada pilihan aseksual terdapat lima tumbuhan yaitu bawang, jamur, kentang, rumput, wortel yang akan di tampilkan dalam bentul 3 dimensi beserta penjelasan menggunakan suara dan gambar tahap reproduksi tiap tumbuhan. Dengan di buatnya aplikasi ini di harapkan efektif dan menarik minat para siswa untuk belajar tentang reproduksi tumbuhan. Kata kunci — augmented reality, Aplikasi Pembelajaran, Animasi 3D, Multimedia development Life Cycle, Reproduksi Tumbuhan. Abstract - In this day and age computer technology has developed very rapidly in various fields, both knowledge, work, arts, health, education, and Natural Sciences. An application designed to learn plant reproduction using augmented reality with an application display using 3-dimensional animation (3D) to make it look interesting and make children especially high school students in biology subjects better understand about how plants reproduce generatively and vegetatively. The development method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which has six stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. There are two choices for the application: sexual and asexual in sexual choices, there are five plants, sunflower, corn, orange, coconut and rice. In asexual selection there are five plants, namely onions, mushrooms, potatoes, grass, carrots which will be displayed in a 3-dimensional veil along with an explanation using sound and image reproduction stages of each plant. This application is expected to be effective and interesting for students to learn about plant reproduction. Keywords - augmented reality, Learning Applications, 3D Animation, Multimedia development Life Cycle, Plant Reproduction.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
    Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
    Date Deposited: 23 Jul 2020 11:06
    Last Modified: 23 Jul 2020 11:09
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/2715

    Actions (login required)

    View Item