Assah, Christian. W. and Wuwung, Janny. O. and Sompie, Sherwin R.U.A
(2020)
PENGUKURAN KINERJA MOBIL TERHADAP PENGGUNAAN
PIGGYBACK PADA ELECTRONIC CONTROL UNIT.
-.
Abstract
Abstract - New innovations in order to meet
the needs of car consumers who want a change
in the performance of cars that are more
powerful and fuel efficient, have made car
electronic device manufacturers compete to
make a tool called a piggyback. Piggyback is
placed in car engines in electronic installations
related to the electronic control unit by
manipulating and engineering the signals on the
sensors that will be received by the Electronic
Control Unit (ECU). The purpose of this test is
to determine the extent of the influence or
relationship of piggyback installation on the
Electronic Control Unit on car performance.
For this reason, tests are carried out to
determine the changes in power and torque in
the car using a dynamometer test, namely
before and after installing the piggyback on the
car's electronic control unit. Testing with a
dynamometer produces data in the form of a
graph of the change in power and torque of the
five cars, namely 3 petrol cars and 2 diesel cars.
It can be concluded that the installation of
piggyback on the electronic control unit of the
car shows an increase in car performance with
a very strong correlation value, varying
between 0.659 - 0.998. Mechanical testing
(torque and horse power) remain in contact
with electricity. By using the basic theory of opamp,
when simulated calculations, the results
show piggyback function can improve the
performance of the car.
Keyword : Performance, piggyback , ECU
Abstrak - Inovasi baru dalam rangka
memenuhi kebutuhan konsumen mobil yang
menginginkan adanya perubahan performa/
kinerja mobil yang lebih bertenaga dan irit
dalam penggunaan bahan bakar, membuat
pabrikan piranti elektronik mobil berlomba
lomba membuat alat bantu yang namanya
piggyback. Piggyback ini ditempatkan pada
mesin mobil pada instalasi elektronik yang
yang berkaitan dengan elektronic control unit
dengan cara memanipulasi dan merekayasa
sinyal pada sensor yang akan diterima oleh
Electronic Control Unit (ECU). Tujuan dari
pengujian ini adalah untuk mengetahui
sejauhmana pengaruh atau hubungan
pemasangan piggyback pada Electronik
Control Unit terhadap kinerja mobil ? Untuk
itu dilakukan pengujian untuk mengetahui
perubahan tenaga dan torsi pada mobil dengan
menggunakan alat uji dynamometer yakni
sebelum dan sesudah pemasangan piggyback
pada electronic control unit mobil.. Pengujian
dengan dynamometer ini menghasilkan data
berupa grafik perubahan tenaga dan torsi dari
lima mobil yang dilakukan yakni 3 mobil
bensin dan 2 mobil diesel dan dapat
disimpulkan bahwa pemasangan piggyback
pada electronic control unit mobil menunjukkan
peningkatan kinerja mobil dengan nilai
korelasi yang sangat kuat, bervariasi diantara
0,659 – 0,998. Pengujian secara mekanis (torque
dan horse power) tetap berhubungan dengan
elektro . Dengan menggunakan dasar teori Op-
Amp, ketika di simulasikan perhitungannya,
hasilnya menunjukkan fungsi piggyback dapat
meningkatkan kinerja mobil.
Kata Kunci : Performa, piggyback , ECU
Actions (login required)
|
View Item |