UNSRAT Repository

PENGUKURAN KINERJA MOBIL TERHADAP PENGGUNAAN PIGGYBACK PADA ELECTRONIC CONTROL UNIT

Assah, Christian. W. and Wuwung, Janny. O. and Sompie, Sherwin R.U.A (2020) PENGUKURAN KINERJA MOBIL TERHADAP PENGGUNAAN PIGGYBACK PADA ELECTRONIC CONTROL UNIT. -.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Download (841kB) | Preview

Abstract

Abstract - New innovations in order to meet the needs of car consumers who want a change in the performance of cars that are more powerful and fuel efficient, have made car electronic device manufacturers compete to make a tool called a piggyback. Piggyback is placed in car engines in electronic installations related to the electronic control unit by manipulating and engineering the signals on the sensors that will be received by the Electronic Control Unit (ECU). The purpose of this test is to determine the extent of the influence or relationship of piggyback installation on the Electronic Control Unit on car performance. For this reason, tests are carried out to determine the changes in power and torque in the car using a dynamometer test, namely before and after installing the piggyback on the car's electronic control unit. Testing with a dynamometer produces data in the form of a graph of the change in power and torque of the five cars, namely 3 petrol cars and 2 diesel cars. It can be concluded that the installation of piggyback on the electronic control unit of the car shows an increase in car performance with a very strong correlation value, varying between 0.659 - 0.998. Mechanical testing (torque and horse power) remain in contact with electricity. By using the basic theory of opamp, when simulated calculations, the results show piggyback function can improve the performance of the car. Keyword : Performance, piggyback , ECU Abstrak - Inovasi baru dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen mobil yang menginginkan adanya perubahan performa/ kinerja mobil yang lebih bertenaga dan irit dalam penggunaan bahan bakar, membuat pabrikan piranti elektronik mobil berlomba lomba membuat alat bantu yang namanya piggyback. Piggyback ini ditempatkan pada mesin mobil pada instalasi elektronik yang yang berkaitan dengan elektronic control unit dengan cara memanipulasi dan merekayasa sinyal pada sensor yang akan diterima oleh Electronic Control Unit (ECU). Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh atau hubungan pemasangan piggyback pada Electronik Control Unit terhadap kinerja mobil ? Untuk itu dilakukan pengujian untuk mengetahui perubahan tenaga dan torsi pada mobil dengan menggunakan alat uji dynamometer yakni sebelum dan sesudah pemasangan piggyback pada electronic control unit mobil.. Pengujian dengan dynamometer ini menghasilkan data berupa grafik perubahan tenaga dan torsi dari lima mobil yang dilakukan yakni 3 mobil bensin dan 2 mobil diesel dan dapat disimpulkan bahwa pemasangan piggyback pada electronic control unit mobil menunjukkan peningkatan kinerja mobil dengan nilai korelasi yang sangat kuat, bervariasi diantara 0,659 – 0,998. Pengujian secara mekanis (torque dan horse power) tetap berhubungan dengan elektro . Dengan menggunakan dasar teori Op- Amp, ketika di simulasikan perhitungannya, hasilnya menunjukkan fungsi piggyback dapat meningkatkan kinerja mobil. Kata Kunci : Performa, piggyback , ECU

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:41
Last Modified: 21 Oct 2020 05:41
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item