UNSRAT Repository

Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada Anak

Dilago, Yorlinsi and Tulenan, Virginia and Paturusi, Sary D. E. (2021) Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada Anak. -.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak — Bahasa daerah memiliki keunikan tersendiri karena hanya ada pada daerah tersebut dan berbeda dengan daerah yang lain. Salah satu daerah yang memiliki bahasa daerah sendiri adalah daerah Kabupaten Halmahera Utara yaitu Tobelo yang berada pada provinsi Maluku Utara. Selain itu berdasarkan pengamatan penulis bahwasanya bahasa yang dipakai di Tobelo masih menggunakan bahasa sehari-hari yang bukan bahasa daerah, sehingga seiring berjalannya waktu bahasa daerah Tobelo akan hilang bila tidak di perkenalkan sejak dini dan kemudian akan berdampak kepada anak-anak yang nantinya akan susah untuk menghafal bahasa daerah mereka sendiri atau dengan kata lain tidak bisa berbahasa daerahnya sendiri. Game ini dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahap yaitu concept, desain, material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada anak-anak yang memiliki 2 jenis game yaitu tebak gambar dan tebak suara, aplikasi ini juga memiliki menu belajar yang berisi kosakata-kosakata yang dilengkapi dengan gambar dan audio cara pengucapannya. Tujuan penelitian ini untuk memberikan wawasan pada anak-anak dalam mengenal bahasa daerahnya sendiri dan diharapkan suatu saat anak-anak dapat menjaga ciri khas daerahnya. Kata Kunci — Anak-anak; Bahasa Daerah; Bahasa Tobelo; Game Edukasi; Multimedia Development Life Cycle. Abstract — Traditional languages have their own uniqueness because they only exist in that area and every region has its own traditional language which differs from other regions. One place that has its own traditional language is Tobelo, the small city from North Halmahera Regency in the province of North Maluku. Based on the author's observation the language that used in Tobelo as the daily communication is not their regional language so over time, the Tobelo traditional language will rarely be used then it will have an impact on the future generations they will harder to know their own traditional language or in other words, they can not speak their own traditional language. This game is made by using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method which has six stages, concept, design, material collector, assembly, testing, and distribution. This research produces an Android-Based Tobelo Language Educational Game application for kids that has two types of games that is guess the pictures and guess the sounds, this application also has a learning menu that contains vocabularies equipped with pictures and audio how to pronounce the words. The research purpose is to provide insight for kids to recognize their own traditional language and it's hoped that one day the generations will be able to maintain the characteristics of their region’s culture. Keywords — Generations; Traditional Language; Tobelo Languag; Educational Game; Multimedia Development Life Cycle.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 17 Jul 2021 14:35
Last Modified: 17 Jul 2021 14:35
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item