Zulqarnain, Muh. Septya and Sompie, Sherwin R.U.A (2021) Interactive Media Application Procedures for Prayer Using Augmented Reality. -.
|
PDF (Skripsi)
Download (863kB) | Preview |
Abstract
Abstrak — Rukun Islam merupakan hal-hal yang wajib dilakukan bagi seorang muslim. Terdapat 5 rukun Islam yang harus dilakukan. Salah satunya shalat. Shalat merupakan suatu ibadah wajib yang di awali dengan niat dan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Shalat adalah tiang agama, yang hukumnya fardhu’ain dalam kehidupan sehingga dalam pelaksanannya kadang umat muslim masih membutuhkan bantuan atau panduan dalam menjalankan ibadah tersebut. Dalam mengerjakan ibadah shalat terdapat tata cara shalat yang harus dikerjakan untuk menyempurnakan shalat. Namun kurangnya media pembelajaran yang praktis membuat kurangnya ketertarikan untuk mempelajari tata cara shalat. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran interaktif tata cara shalat yang dapat menarik minat orang-orang untuk mempelajari tata cara shalat dengan menggunakan Augmented Reality. Tujuan dari aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat umum untuk mempelajari materi tata cara shalat, membantu menyampaikan materi tata cara shalat. Sehingga masyrakat dapat melaksanakan ibadah shalat dengan sempurna. Aplikasi ini dihasilkan dengan menggunakan metode penelitian Multimedia development life cycle (MDLC). Setelah itu dilakukan pengujian aplikasi terhadap pengguna, kemudian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan ketertarikan dan pemahaman tentang tata cara shalat yang baik dan benar untuk pengguna. Kata kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Shalat. Abstract — The pillars of Islam are things that must be done for a Muslim. There are 5 pillars of Islam that must be done. One of them is prayer. Prayer is obligatory worship that begins with intention and takbiratul ikhram and ends with greetings. Prayer is the pillar of religion, the law of which is fardhu'ain in life so that in its implementation sometimes Muslims still need help or guidance in carrying out the worship. In doing the prayer, there are procedures for prayer that must be done to complete the prayer. However, the lack of practical learning media makes a lack of interest in learning how to pray. From these problems, interactive learning media on prayer procedures are needed that can attract people's interest to learn prayer procedures using Augmented Reality. The purpose of this application is to make it easier for the general public to learn the material for prayer procedures, to help convey the material for prayer procedures. So that people can carry out prayers perfectly. This application was produced using the Multimedia development life cycle (MDLC) research method. After that, testing the application on users, then it can be concluded that this application can increase interest and understanding of good and correct prayer procedures for users. Keywords: Augmented Reality, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle, Prayer.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Mr. Benhard W. Tampangela, ST |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 04:23 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:23 |
URI: | http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/3393 |
Actions (login required)
View Item |