UNSRAT Repository

Perangcangan Game FPS Peristiwa Trikora Dalam Pembebasan Irian Barat

Taarelluan, Beriman Alpius and Tulenan, Virginia and Paturusi, Sary D. E. (2022) Perangcangan Game FPS Peristiwa Trikora Dalam Pembebasan Irian Barat. -.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejarah merupakan kejadian yang terjadi di masa lampau, yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan juga sebagai pengingat bagi kita dalam kehidupan. Namun karena perubahan jaman, sejarah menjadi suatu hal yang mudah dilupakan dan tidak menjadi bagian yang menarik untuk dipelajari, karena perkembangan teknologi yang semakin maju membuat berubahnya pola pembelajaran saat ini, Para generasi muda cenderung lebih menyukai pembelajaran yang disajikan dengan bentuk yang interaktif dengan mengunakan media video, animasi yang bisa disajikan juga dalam kesatuan menjadi game . Dengan mengunakan media game, diharapkan bisa menjadi sarana yang menarik dalam memperkenalkan sejarah Trikora yang mungkin tidak terlalu diingat dan diajarkan pada generasi sekarang. Game berjudul “Perancangan Game FPS Peristiwa TRIKORA Dalam Pembebasan Irian Barat” ini akan disajikan dengan mengunakan konsep FPS yang nanti di dalamnya akan mengandung peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat operas trikora terlebih khususnya Infiltrasi militer yang dilakukan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam membuat game ini adalah metode waterfall yang terbagi menjadi enam Langkah yaitu : System Engineering, Analisys, Design, Coding, Testing, dan Maintenance. Diharapkan dengan game yang dihasilkan dari penelitian ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan sejarah peristiwa Trikora dalam usaha pembebasan irian barat ini dengan efektif dan menarik, Game akan dibuat menggunakan aplikasi unreal engine versi 4.21 dan dijalankan di perangkat PC, Berdasarkan hasil dari pengujian diketahui bahwa game ini berhasil menambah pemahaman pemain akan peristiwa trikora dimana menurut presentase para pemain sebelum memainkan game tingkat pemahaman pemain adalah 34% dan setelah memainkan game tingkat pemahaman para pemain meningkat hingga 92%, jadi berdasarkan hal tersebut maka didapatkan bahwa game ini berhasil meningkatkan pemahaman pemain akan sejarah trikora. Kata kunci : Analisys, Coding, Design, FPS, Game, Irian Barat, Maintenance, Metode Waterfall, Operasi, System Engineering, Testing, Trikora

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:48
Last Modified: 28 Mar 2022 07:48
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item