Mantiri, Erwin H.
(2013)
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PERIKLANAN OBAT TRADISIONAL.
Jurnal Hukum Unsrat , I (3).
pp. 77-88.
ISSN 1410-2358
Abstract
Periklanan obat tradisional yang dapat merugikan konsumen terjadinya karena pelaku usaha memproduksi iklan obat tradisonal yang mengelabui konsumen mengenai kualitas, kuantitas, bahan, kegunaan dan harga barang dan/atau tarif jasa serta ketepatan waktu penerimaan barang dan/atau jasa; jaminan/garansi terhadap barang dan/atau jasa serta memuat informasi yang keliru, salah, atau tidak tepat mengenai barang dan/atau jasa; dan tidak memuat informasi mengenai risiko pemakaian barang dan/atau jasa; melanggar etika dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai periklanan. Hal ini terjadi akibat masih lemahnya pengawasan dan penegakan hukum. Perlindungan hak konsumen dari periklanan obat tradisional dilakukan melalui penegakan hukum terhadap kewajiban dan larangan bagi pelaku usaha periklanan serta sanksi yang dikenakan apabila terbukti melakukan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen. Upaya penegakan hukum yang dilakukan selama ini belum memadai untuk mencegah dan memberantas periklanan obat tradisional yang merugikan masyarakat.
Actions (login required)
|
View Item |