UNSRAT Repository

ANALISIS YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HAKI DALAM PERJANJIAN FRANCHISING DI INDONESIA

Meylen, Maringka (2013) ANALISIS YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HAKI DALAM PERJANJIAN FRANCHISING DI INDONESIA. Jurnal Hukum Unsrat , I (6). pp. 77-89. ISSN 1410-2358

[img]
Preview
PDF
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    Waralaba (Franchise) merupakan hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Hal ini merupakan perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI). Franchising/waralaba pada dasarnya adalah suatu konsep pemasaran yang melaju sangat cepat namun tidak mudah untuk mencapai suatu keberhasilan dari bisnis franchising itu sendiri. Sistem bisnis waralaba memiliki banyak kelebihan misalnya pada pendanaan, sumber daya manusia (SDM), manajemen dan tingkat kesulitan dalam pemasarannya., kecuali jika pemilik usaha tersebut mau berbagi dengan pihak lain. Bisnis waralaba cukup dikenal dengan jalur distribusinya yang efektif untuk mendekatkan produknya kepada para konsumen melalui tangan-tangan para pebisni. Hal menarik dari Bisnis Franchise yang semakin maju adalah banyaknya usaha yang di tawarkan kepada para konsumen dengan berbagai jenis produk barang dan jasa, antara lain makanan modern/fastfood yang pemasarannya dilakukan di pusat-pusat pertokoan atau di pingir-pinggir jalan perkotaan yang sangat mudah di jangkau oleh masyarakat. Bisnis waralaba pastinya sangat mudah ditemukan dan seringkali kita jumpai seperti Mc. Donal, Pizza Hut, Pizza Hut dan lain lain.

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Bidang Ilmu Hukum
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 08 Mar 2014 01:20
    Last Modified: 08 Mar 2014 01:20
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/420

    Actions (login required)

    View Item