UNSRAT Repository

KAJIAN HUKUM TERHADAP HAK MASYARAKAT ADAT DI ERA OTONOMI DAERAH DALAM PENGGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN PULAU – PULAU KECIL (STUDI KASUS PULAU NGELE-NGELE KABUPATEN PULAU MOROTAI)

Veronika , Angwarmase (2014) KAJIAN HUKUM TERHADAP HAK MASYARAKAT ADAT DI ERA OTONOMI DAERAH DALAM PENGGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN PULAU – PULAU KECIL (STUDI KASUS PULAU NGELE-NGELE KABUPATEN PULAU MOROTAI). Jurnal Hukum Unsrat , II (1). pp. 68-76. ISSN 1410-2358

[img]
Preview
PDF
Download (266Kb) | Preview

    Abstract

    Masyarakat hukum adat yang strukturnya bersifat genelogis menurut asas kedarahan ( keturunan ) ialah masyarakat hukum adat yang anggota anggotanya merasa terikat dalam suatu ketertiban berdasarkan kepercayaan bahwa mereka semua berasal satu keturunan yang sama. Dengan kata –kata lain: seseorang menjadi anggota masyarakat hukum adat yang bersangkutan karena ia menjadi atau menganggap dirinya keturunan dari seseorang ayah – asal ( nenek moyang laki –laki) tunggal melalui garis keturunan laki –laki atau dari seorang ibu- asal ( nenek moyang perempuan) tunggal – melaui garis keturunan perempuan, dan dengan demikian maka semua anggota masyarakat yang bersangkutan itu tadi merasa sebagai suatu kesatuan dan turut pada peraturan – peraturan hukum adat yang sama.2 Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai dan PT MMC sekitar januari tahun 2012 terjadi konflik, dimana pengrusakan dan penjarahan hasil-hasil tambak baik itu Mutiara dan Ikan yang bernilai ekonomis tersebut yang di miliki oleh pihak PT MMC dirusak oleh pihak Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, yang mengakibatkan Kerugian yang sangat besar yang di alami oleh pihak, diakibatkan karna pembagian hasil usaha dari pihak perusahan tidak sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai.

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Bidang Ilmu Hukum
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 08 Mar 2014 01:50
    Last Modified: 08 Mar 2014 01:50
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/428

    Actions (login required)

    View Item