UNSRAT Repository

Aplikasi Pembelajaran Covid-19 Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Sondakh, Andre J. (2024) Aplikasi Pembelajaran Covid-19 Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Fakultas Teknik Unsrat.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstract – In 2019 the world was shocked by the emergence of the Corona Virus (Covid-19). The virus has spread to all around the world that makes the WHO (World Health Organization) Officialy declared that this virus is a pandemic on March 9, 2020. There have been several prevention efforts that have been taken, but many people still underestimate the seriousness of this events. Our lack of awareness in fightin this virus is one of the factor that makes us underestimate this virus. Additionaly, people tend to rely on information presented by media such as television or online social media. From this problem came the idea to create a learning application using Android based Augmented Reality, which can help people to relearn about Coronavirus (Covid-19), by using a unique learning media like application that include an Augmented Reality feature so it can attract user interest. The development process will involve using Blender to create characters and animation and then Unity 3D to assamble everything into an android application. With this application hopefully it can increase user knowledge about the Corona Virus (Covid-19) and add awareness to users about the dangers of the corona virus and can prepare themselves if there is a similar virus in the future. Key Word: Augmented Reality, Covid-19, Learning Media Abstrak – Pada tahun 2019 dunia dihebohkan dengan kemunculan Virus Corona (Covid-19). Virus ini menyebar keseluruh penjuru dunia sehingga WHO (World Health Organization) secara resmi menyebutkan virus ini sebagai pandemi pada 09 Maret 2020. Ada beberapa upaya pencegahan yang telah dilakukan, namun masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Kurangnya kesadaran kita dalam melawan virus ini adalah salah satu faktor yang membuat kita menyepelekan virus ini. Selain itu orang cenderung hanya belajar melalui apa yang disampaikan media-media umum seperti berita televisi atau media-media sosial online. Dari permasalahan tersebut munculah ide untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran menggunakan Augmented Reality berbasis android, yang dapat membantu orang untuk belajar kembali tentang Virus Corona (Covid-19), dengan menggunakan media pembelajaran yang unik yakni dengan aplikasi yang memiliki fitur Augmented Reality sehingga dapat menarik ketertarikan pengguna. Dalam pembuatannya akan menggunakan blender untuk membuat karakter dan animasi, lalu menggunakan unity untuk merangkai semua menjadi sebuah aplikasi android. Dari permasalahan tersebut munculah ide untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran menggunakan Augmented Reality berbasis android, yang dapat membantu orang untuk belajar kembali tentang Virus Corona (Covid-19), dengan menggunakan media pembelajaran yang unik yakni dengan aplikasi yang memiliki fitur Augmented Reality sehingga dapat menarik ketertarikan pengguna. Dalam pembuatannya akan menggunakan blender untuk membuat karakter dan animasi, lalu menggunakan unity untuk merangkai semua menjadi sebuah aplikasi android. Kiranya dengan adanya aplikasi ini dapat menambah pengetahuan penggunanya tentang Virus Corona (Covid-19) ini dan menambahkan kesadaran kepada penggunanya terhadap bahaya dari virus corona dan dapat menyiapkan diri jika ada virus sejenis kedepannya. Kata Kunci: Augmented Reality, Covid-19, Media Belajar

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:15
Last Modified: 17 Jan 2024 07:15
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item