UNSRAT Repository

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi YapenMaju untuk Mengurangi Kemiskinan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen

Wainggai, Erthin K. B. and Tulenan, Virginia and Paturusi, Sary D. E. (2025) Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi YapenMaju untuk Mengurangi Kemiskinan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen. Fakultas Teknik Unsrat.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Download (436kB) | Preview

Abstract

Abstract — This study aims to design the user interface (UI) and user experience (UX) of the YapenMaju application by applying the Design Thinking method. This Design Thinking method was chosen by the author because the approach method focuses on users, which can allow identifying user needs well and can design innovative and relevant solutions. This research was conducted through five stages in the Design Thinking method, namely: Empathize, Define, Ideate, Prototype and Testing. The results of this study are prototype designs that are tested using the Usability Testing method, namely: System Usability Scale (SUS) which produces effective, efficient designs that are in accordance with user needs in the YapenMaju application. It is hoped that the results of this study can help the people of the Yapen Islands Regency in reducing poverty rates by opening up job opportunities for people who are unemployed. This study also provides an overview of the importance of a user-centered approach in developing social solution-based applications. Key words — Design Thinking; YapenMaju application; UI/UX; Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (User Interface/UI) dan pengalaman pengguna (User Experience/UX) dari aplikasi YapenMaju dengan menerapkan metode Design Thinking. Metode Design Thinking ini di pilih oleh penulis karena motode pendekatannya berfokus kepada pengguna, yang bisa memungkinkan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dengan baik serta bisa merancang Solusi yang inovatif dan relevan. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan yang terdapat pada metode Design Thinking, yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Hasil dari penelitian ini adalah prototype design yang diuji dengan metode Usability Testing yaitu: System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan desain yang efektif, efisien dan sesuai dengan kebutuhan pengguna pada aplikasi YapenMaju. Diharapkan, dari hasil penelitian ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen dalam mengurangi angkah kemiskinan melalui pembukaan peluang kerja bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Penelitian ini juga memberikan gambaran pentingnya pendekatan berpusat pada pengguna dalam pengembangan aplikasi berbasis solusi sosial. Kata kunci — Kata kunci: Design Thinking; Aplikasi YapenMaju; UI/UX;

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:50
Last Modified: 25 Apr 2025 04:50
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item