UNSRAT Repository

Pengaruh Peningkatan Dosis Abu Pengasapan Kopra dan Pengurangan Dosis Pupuk Kalium Terhadap Produksi Ubi Jalar (lpomoea batatas (L.) lam.)

Paulus, Jeanne Martje and Sumayku, B. R. A and Sompotan, S. and Medlama, R. (2012) Pengaruh Peningkatan Dosis Abu Pengasapan Kopra dan Pengurangan Dosis Pupuk Kalium Terhadap Produksi Ubi Jalar (lpomoea batatas (L.) lam.). BULETIN PALMA, 13 (1). pp. 27-31. ISSN 1979-679X

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    Nitrogen fosfor dan kalium, merupakan hara makro yang mutlak diperlukan untuk perfumbuhan dan perkembangan tanaman ubi jalar. Untuk kalium paling banyak dibutuhkan karena berperan penting dalam meningkatkan aktifitas fotosintesis terutama pada periode pembentukan ubi. Abu pengasapan kopra mengandung unsure hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman antara lain kalium. Penelitian ini bertujuan untuk mensubtitusi pupuk kalium anorganik dengan abu pengasapan kopra sebagai sumber kalium organik untuk meningkatkan produksi ubi jalar. Percobaan dilaksanikan di kelurahin Maesa, Kecamatan Tondano Kabupaten Minahasa, selama 4 bulan pada tahun 2010. Variabel yang diamati, meliputi jumlah ubi/tanaman, jumlaft ubi/ plot, berat ubi/tanaman, dan berat ubi/plot. Data dianalisis den[an menggunakan analisis sidik ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa abu pengasapan kopra sebagai sumber kaliuh organili dapat mensubstitusi peranan kalium anorganik terhadap produksi ubi jalar. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada petani khususnya di Sulawesi Utara seb-ag-ai daerah penghasil kopra, untuk memanfaatkan limbah abu pengasapan kopri dalam budidaya ubi ialar karena harga pupuk kimia di pasaran yang semakin mahal dan juga untuk menunjang penerapan iistem pertanian oiganik.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Ubi j alar, abu pengasapan kopra, organik
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Teknik Pertanian
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 24 Sep 2014 12:06
    Last Modified: 24 Sep 2014 12:06
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/670

    Actions (login required)

    View Item