UNSRAT Repository

BOTTOM UP PLANING DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DI KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA

Mawara, Jetty (2014) BOTTOM UP PLANING DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DI KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, IV (027). pp. 18-29. ISSN 2338-9605

[img]
Preview
PDF
Download (1033Kb) | Preview

    Abstract

    Kebijakan pemerintah dan partisipasi masyarakat adalah faktor yang cukup dominan bagi keberhasilan pembangunan. Prinsip perimbangan antara kebijakan pemerintah dan prakarsa/partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan Bottom Up Planning dalam pembuatan kebijakan pemerintah desa di Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Metode Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat dan perangkat pemerintah desa di Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa, yang terdiri dari anggota BPD, tokoh masyarakat, dan anggota masyarakat umum yang mempunyai hak politik. Sampel lokasi diambil dari 4 (empat) desa yang ada di Kecamatan Pineleng masing-masing Desa Pineleng I, Sea, Kalalsey, Tateli Hasil penelitian BPD sangat berperan dalam Pelaksanaan bottom up planning di Kecamatan Pineleng dapat dilihat dari indicator-indikator hasil penelitian berikut ini : Peranan BPD dalam perencanaan pembangunan Partisipasi masyarakat untuk menghadiri pertemuan umum/ musyawarah. Partisipasi responden dalam memberikan usul/pendapat dalam pembuatan kebijakan terkategori baik Kata Kunci : Bottom Up Planning, Kebijakan

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Bottom Up Planing, Kebijakan
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
    Depositing User: Steven Ch. Kaunang
    Date Deposited: 18 Mar 2015 12:04
    Last Modified: 18 Mar 2015 12:04
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/758

    Actions (login required)

    View Item