Rumimpunu, Fritje
(2014)
EKSPLOITASI ANAK DI DUNIA KERJA DALAM PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN NOMOR 13 TAHUN 2013.
Jurnal Ilmiah Interdisipliner, XII (2).
pp. 17-41.
ISSN 1412-8470
Abstract
Manusia merupakan mahkluk ciplaan Tuhan yang paling mulla. Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan untuk dapat saling melengkapi dan dapat mendaptakan suatu generasi yang dapat bermanfaat dan diandalkan
dimuka bumi tempat manusia berpijak. Anak merupakan seorang yang lahir dari hubungan antara seorang pria dan wanita. Latar budaya kita memberikan acuan yang disepakati bahwa anak Indonesia adalah aset bangsa. Oleh
karena itu kesejahteraannya perlu terus ditingkatkan. Guna untuk mewujudkan kesejahteraan sosial yang memadai, diperlukan intervensi faktor-faktor pembentukan kualitas hidup yang setara dengan perkembangan peradaban manusia pada jamannya. Fenomena ini menunjukan bahwa proses menuju tercapainya tingkat kesejahteraan tertentu akan ditentukan oleh standar nilai yang berlaku pada kurun waktu tersebut. Dalam hal ini, seliap jaman memiliki standar kesejahteraan tersendiri, yang disepakati secara luas dengan mengacu pada nilai-nilai universal. Perwujudan sumber daya manusia yang berkualitas mulai
dipersiapkan sejak dini, bahkan sejak anak dalam kandungan Insan kecil tersebut membutuhkan perlindungan agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar baik
jasmani, rohani maupun sosialnya. Hal itu dapat terwujud apabila anak mendapat jaminan perlindungan dan kesejahteraan yang memadai terutama terpenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hidup tumbuh kembang, perlindungan dan peran serta. Namun demikian, kenyataannya menunjukan bahwa upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, serta bimbingan, rawatan, asuhan dan perlindungan terhadap diri anak, ternyata sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kondisi anak dan situasi lingkungan yang ikut menentukan tingkat kesejahteraannya. Akibatnya,
dalam kehidupan sehari-hari rnasih ditemukan adanya anak
yang belum memperoleh perlindungan yang memadai.
Actions (login required)
|
View Item |