UNSRAT Repository

Pengaruh Cash Position (CP), dan Debt to Equity Ratio (DER), terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Wokas, Heince Ruddy Nicky and Saerang, David P.E. and Kindangen, Wulan D. (2012) Pengaruh Cash Position (CP), dan Debt to Equity Ratio (DER), terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). LAPORAN HASIL IPTEK & SENI LEMBAGA PENELITIAN 2012.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (481Kb) | Preview

    Abstract

    Kontribusi Industri manufaktur dalam perekonomian Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) cukup besar dan memberikan peran yang strategis dalam penyerapan tenaga kerja. Namun sejak tahun 2005 hingga tahun 2008, pertumbuhan industri manufaktur terus mengalami penurunan. Kemampuan industri manufaktur untuk dapat tumbuh ditentukan oleh besarnya penanaman modal atau investasi dari para investor yang tentunya mengharapkan keuntungan, baik berupa dividend maupun capital gain. Namun sejak tahun 2005 hingga tahun 2008 jumlah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yang membagikan dividen semakin berkurang. Penelitian ini dilakukan pada 12 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT. Fast Food Indonesia Tbk, PT. Mayora Indah Tbk, PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, PT. Gudang Garam Tbk, PT. Sepatu Bata Tbk, PT. Colorpak Indonesia Tbk, PT. Sumi Indo Kabel Tbk, PT. Metrodata Electronics Tbk, PT. Indo Kordsa Tbk, PT. Tunas Ridean Tbk, PT. United Tractor Tbk, dan PT. Merck Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Cash Position (CP), Debt to Equity Ratio (DER), terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan ialah metode analisis regresi linear berganda, metode ini digunakan untuk mengukur pengaruh antar variabel yang melibatkan lebih dari satu variabel bebas. Data diproses dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Persamaan regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Y = 6,053 - 0,138X1 - 0,102X2 , dengan koefisien determinasinya adalah sebesar 0,01%. Dari hasil uji t diketahui bahwa variabel Cash Position (CP) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dan untuk hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Cash Position (CP), dan Debt to Equity Ratio (DER), tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI).

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
    Date Deposited: 14 Aug 2015 15:22
    Last Modified: 14 Aug 2015 15:30
    URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/865

    Actions (login required)

    View Item