Ngangi, Imanuel M. and Sengkey, Rizal and Sugiarso, Brave
(2021)
Katalog Augmented Reality Pengenalan Situs Bangunan Warisan Dunia Untuk Anak.
-.
Abstract
Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Hal ini dilakukan dengan cara 'menggambar' objek tiga dimensi pada marker, yakni sebuah 'pola' yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai sarana pendidikan untuk anak. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana anak – anak dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga anak – anak pun dapat bermain sambil belajar. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah katalog Augmented Reality yang ditujukan kepada para guru dan orang tua sebagai alat pembelajaran pengenalan situs warisan dunia. Dalam penelitian ini, digunakan aplikasi Canva untuk membuat katalog, Blender untuk membuat Model 3D bangunan, dan Unity untuk membuat aplikasi Augmented reality berbasis android. Diharapkan aplikasi beserta katalog ini selanjutnya bisa dikembangkan dan dapat memuat informasi yang lebih banyak dan dapat di gunakan diberbagai platform.
Kata kunci — Augmented Reality; Blender; Canva; Multimedia Devolopment Life Cycle; Unity; Warisan Dunia
Augmented Reality (AR), is a technology with the concept of combining real-world dimensions with virtual world dimensions that are displayed in realtime. This is done by 'drawing' a three-dimensional object on the marker, which is a 'pattern' that is unique and can be recognized by the application. Smartphones support the development of Augmented Reality applications that are cheap and can be accessed by many users. Augmented Reality can be used in various fields, one of which is as a means of education for children. Augmented Reality can be used to create a more interactive learning environment where children can be directly controlled with virtual world objects so that children can play while learning. In this final project, developed an Augmented Reality catalog aimed at teachers and parents as a learning tool for the introduction of world heritage sites. In this study, the Canva application was used to create a catalog, Blender to create a 3D model of a building, and Unity to create an Android-based Augmented reality application. It is hoped that this application and catalog can then be developed and can contain more information and can be used on various platforms.
Keywords - Augmented Reality; Blender; Canva; Multimedia Devolopment Life Cycle; Unity; World Heritage
Actions (login required)
|
View Item |