UNSRAT Repository

Augmented Reality Pembelajaran Bentuk Sendi Tulang Manusia Menggunakan Metode User Defined Target

Rumbajan, Rifaldo and Lumenta, Arie S. M. and Rumagit, Arthur Mourits (2022) Augmented Reality Pembelajaran Bentuk Sendi Tulang Manusia Menggunakan Metode User Defined Target. -.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstract — The application of technology in the world of education greatly affects the effectiveness of student learning compared to using only textbooks. Augmented Reality (AR) is the latest technology that can be a solution for educators to present innovative, informative, interesting learning, and can present virtual 3D virtual objects in real form and presented in real time (real time). the application of "Augmented Reality Learning Shapes of Human Bone Joints Using the User Defined Target Method". This research was produced through 6 stages of Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Utilization of User Defined Target Augmented reality technology which in real time combines 3 Dimensional virtual objects into the real world to become more interesting as a learning medium. Key words — Augmented Reality, MDLC, Human Bone Joint Shape, User Defined Target Abstrak — Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh terhadap keefiktifan belajar siswa dibandingkan jika hanya menggunakan buku teks Dengan menggunakan teknologi, siswa dapat lebih memahami materi seperti materi mengenai bentuk sendi tulang manusia yang dinilai sulit dipahami oleh siswa. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi terkini yang dapat menjadi solusi bagi pendidik untuk menyajikan pembelajaran yang inovatif, informatif, menarik, dan dapat menyajikan objek maya secara virtual 3D dalam bentuk nyata serta disajikan secara real time (waktu nyata), Tujuan penelitian adalah untuk membuat aplikasi “Augmented Reality Pembelajaran Bentuk Sendi Tulang Manusia Menggunakan Metode User Defined Target”. Penelitian ini dihasilkan melalui 6 tahapan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pemanfaatan Teknologi Augmented reality User Defined Target yang secara real time menggabungkan objek virtual 3 Dimensi kedalam dunia nyata menjadi lebih menarik sebagai media pembelajaran. Kata kunci — Augmented Reality, MDLC, Bentuk Sendi Tulang Manusia, User Defined Target

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:45
Last Modified: 28 Jul 2022 03:45
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item