Juda, Michael Gilberth and Tulenan, Virginia and Kainde, Henry V. F.
(2025)
Aplikasi Pembelajaran Interaktif Energi Terbarukan Pada Mata Pelajaran Fisika
Untuk Sekolah Menengah Atas (Sma).
Fakultas Teknik Unsrat.
Abstract
Abstract —The development of information technology has
significantly influenced the field of education, including the creation
of interactive learning applications. One effective method is the
Multimedia Development Life Cycle (MDLC). This method consists
of six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing,
and distribution. This study aims to create an interactive learning
application about renewable energy. The application features
animations, learning materials, and evaluation quizzes to help users
better understand the content. The testing results show that this
application is more effective than traditional learning methods.
Therefore, the MDLC method has proven useful for developing
innovative and engaging learning applications.
. Key words: application; learning; renewable energy
Abstrak —Perkembangan teknologi informasi sangat memengaruhi
dunia pendidikan, termasuk dalam pembuatan aplikasi
pembelajaran interaktif. Salah satu metode yang efektif adalah
Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini terdiri
dari enam tahap: concept (konsep), design (desain), material
collecting (pengumpulan materi), assembly (penggabungan),
testing (pengujian), dan distribution (distribusi) Penelitian ini
bertujuan membuat aplikasi pembelajaran interaktif tentang
energi terbarukan. Aplikasi ini memiliki fitur seperti animasi,
materi pembelajaran, dan kuis evaluasi untuk membantu
pengguna memahami materi dengan lebih baik. Hasil pengujian
menunjukkan aplikasi ini lebih efektif dibandingkan metode
belajar tradisional. Dengan demikian, metode MDLC terbukti
berguna dalam mengembangkan aplikasi pembelajaran yang
inovatif dan menarik.
Kata kunci: aplikasi; pembelajaran; energi terbarukan
Actions (login required)
 |
View Item |