UNSRAT Repository

KEUNGGULAN POSISIONAL - Strategi Meningkatkan Kinerja dengan Menciptakan Keunggulan Posisional Perguruan Tinggi Modern

Saerang, David P.E. and Soegoto, Agus Supandi KEUNGGULAN POSISIONAL - Strategi Meningkatkan Kinerja dengan Menciptakan Keunggulan Posisional Perguruan Tinggi Modern. Andi Yogyakarta. ISBN 978-979-29-2699-6

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (125MB) | Preview

Abstract

Pengelola perguruan tinggi di Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan dan peluang dalam upaya untuk pengembangan perguruan tinggi yang dikelola. Tuntutan masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan semakin ketatnya persaingan antar perguruan tinggi akibat globalisasi dan kemajuan teknologi informasi & komunikasi merupakan tantangan yang harus dijawab dengan mutu pengelolaan yang semakin baik, dan dilaksana-kannya konsep-konsep pemasaran yang dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan yang berkelanjutan sehingga dapat diciptakan sustainable competitive advantage. Pengelola perguruan tinggi swasta (PTS) saat ini juga dihadapkan padalingkungan persaingan yang sangat kompetitive. Persaingan bukan hanya terjadi antar sesama PTS, tetapi antara PTS dengan PTN, atau PTS dengan PT luar negeri yang menawarkan jasanya di Indonesia. Dalam proses persaingan ini ada PTS yang unggul dan ada pula PTS yang kalah bersaing dan harus mengalami nasib menjadi kolaps, kesulitan keuangan, atau stagnan sehingga harus pasrah terhadap kemungkinan untuk dimerger, karena kondisi kekurangan mahasiswa. Bagi PTS yang unggul, pengelola mampu menarik mahasiswa sesuai jumlah yang ditargetkan karena mereka memiliki keunggulan posisional dan kinerja PT yang baik dimata masyarakat dan calon mahasiswa sebagai pelanggannya, sedangkan yang kalah mengalami kondisi yang sebaliknya. Penulis mencoba untuk memaparkan penerapan kosep orientasi pasar dan strategi pemasaran dalam upaya pengelola menciptakan keunggulan posisional serta dampaknya terhadap kinerja perguruan tinggi. Analisis digunakan melalui penggunaan konsep-konsep pemasaran jasa, khususnya jasa pendidikan. Buku ini menggabungkan dua unsur teori dan praktik manajemen pemasaran jasa, dengan harapan agar pembaca tidak terjebak pada konsep, model-model dan kiat-kiat pemasaran yang terkesan teoritis, bersifat parsial dan sasaat. Melalui fondasi teoritis (yang berawal dari penelitian empiris/parktik), maka akan diperoleh suatu kerangka berpikir yang logis atas proses pemasaran jasa yang diuraikan. Buku ini ditujukan sebagai salah satu alternatif bahan pertimbangan bagi pimpinan perguruan tinggi, para peneliti, maupun bagi mahasiswa yang ingin mendalami pemasaran jasa pendidikan secara khusus. Terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga buku ini dapat diselesaikan. Terima kasih juga disampaikan kepada Rektor UNSRAT Manado dan Rektor UNIKOM Bandung, para pimpinan di Fakultas Ekonomi UNSRAT dan UNIKOM serta jajarannya, teman-teman dosen, dan semua pihak yang telah membantu dalam penerbitan buku ini. Akhir kata, semoga buku ini dapat rnemberikan rnanfaat, dan kontribusi kepada para pihak yang berkepentingan, dan semoga Tuhan senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, Amin.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:14
Last Modified: 05 Jun 2023 02:14
URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item