UNSRAT Repository

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, NILAI PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS MEREK (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA DI MANADO)

Lintong, Debry Chrystie Alexandra (2014) ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, NILAI PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS MEREK (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA DI MANADO). Jurnal Manajemen Bisnis Dan lnovasi, 1 (2). pp. 115-124. ISSN 2356-3966

[img]
Preview
PDF
Download (164Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (104Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (144Kb) | Preview

        Abstract

        Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada, terus menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru jangan sampai pelanggan meninggalkan perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Dengan kata lain perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan tercipta dengan sendirinya ketika konsumen merasa puas akan produk yang diterima dari perusahaan. Pelanggan yang puas tentunya mempunyai kepercayaan terhadap perusahaan. Citra perusahaan menjadi baik dimata pelanggan dan pada akhirnya membentuk pencitraan perusahaan dalam jangka panjang. Untuk itu pula meningkatkan loyalitas pelanggan, bagi perusahaan akan meningkatkan kepuasan setiap pelanggan dan mempertahankan tingkat kepuasan tersebut dalam jangka panjang. Untuk meningkatkan kepuasan, perusahaan harus mereka harapkan, sehingga mereka dapat bertahan dan mengarah pada pembelian ulang, rekomendasi dan proporsi pembelanjaan yang meningkat. Kata Kunci: Mahasiswa, Keberhasilan, Program Wirausaha ABSTRACT The purpose of this research is to know and analyze the influence of Trust, Customer Value, Company’s Image to Customer’s Satisfaction and to know and analyze the influence of trust, customer value, company’s image to brand loyalty and to know and analyze the influence of customer’s satisfaction to brand loyalty (Study case on Customer’s of Coca-cola Manado). Type of this research is associative, with total respondents of 125. There is 111 respondents whose questionnaire is acceptable. Sample is taken by choosing population elements based on determined characteristic (judgment sampling), and then analyzed by Structural Equation Modelling (SEM). Likert scale is used in this research; this scale requires respondents to indicate agreement or disagreement on questions being asked. The result of this research has show that variabels of Trust, Customer Value, and Company’s image influence significantly Customer Satisfaction, but they don’t influence significantly Brand Loyalty. In others words, customer’s satisfaction by drinking Coca-Cola in Manado is strongly influenced by trust, customer value and company’s image; although those things cannot be instantly make the customer’s to be loyal to Coca-Cola beverages. In orde to increase customer’s satisfaction, company must maintain the trust, customer’s value and company’s image. As a market leader in soft beverages industry, it is hoped that company can increase brand loyalty, especially it’s trust, customer value and company’s image. Keywords: Trust, Customer Value, Company’s Image, Customer’s, Satisfaction and Brand Loyalty Diterima/Received: 03-Mart-2014, Revisi Final/Final Revision: 03 Mei 2014 JEL Classification: M13, O15

        Item Type: Article
        Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
        Divisions: UNSPECIFIED
        Depositing User: Mr. Benhard W. Tampangela, ST
        Date Deposited: 27 Feb 2017 16:27
        Last Modified: 27 Feb 2017 16:27
        URI: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/1414

        Actions (login required)

        View Item